Group Lampu - Lampu Hemat Energi

Group lampu- Lampu Hemat Energi
Memulai bisnis alat listrik, biasanya dilengkapi dengan lampu. Dan lampu yang paling banyak dipakai saat ini adalah Lampu Hemat Energi (LHE). Perbedaannya dengan lampu dop adalah dengan konsumsi daya listrik yang sama, terangnya bisa berkali-kali lipat. Kalau cahaya lampu dop kuning, LHE ini bisa berwarna putih atau kuning.

Jika dibandingkan dengan lampu TL atau neon yang pemasangannya memerlukan ballast, kap dll, pemasangan LHE ini termasuk praktis karena bisa dipasang layaknya dop. Menggantinya juga semudah mengganti dop biasa. Malah sekarang juga ada yang namanya tongkat lampu, jadi kita bisa mengganti lampu tersebut tanpa menggunakan tangga. Praktis dan ekonomis.

Ciri khas dari LHE ini biasanya tercantum 2 macam watt di kotak lampunya. Misalnya untuk lampu Essential Philips 23 watt ~100 watt. Itu berarti konsumsi dayanya 23 watt dengan terang setara 100 watt.

Selain berdasarkan warnanya, LHE ini juga bisa dibedakan dari bentuknya. Bentuk umumnya adalah lurus dan spiral. Selain bentuk umum tersebut, ada beberapa merk yang mengeluarkan bentuk-bentuk unik lainnya. Dan tentunya bentuk-bentuk lain ini sudah termasuk dalam jenis lampu hias dengan harga relatih lebih mahal. Dan kecuali  anda memang lebih fokus ke lampu untuk interior, lebih baik menjual bentuk lampu yang umum saja.

Fitting lampu yang digunakan pada umumnya sama yaitu fitting E27, kecuali pada LHE dengan watt yang super besar, seperti LHE yang dipasang untuk di jalan raya.

Pada umumnyaLHE tidak bisa digunakan dengan dimmer. Meskipun sekarang sudah ada yang bisa, tetapi itu merupakan LHE khusus, yang tentunya harganya lebih mahal dari LHE biasa.

Merk LHE yang paling terkenal saat ini adalah Philips, biasa disebut dengan Essential Philips untuk yang tipe lurus dan Tornado Philips untuk yang spiral.

Dan untuk yang bergaransi bisa memakai merk Shinyoku ataupun Osram. Karena memang ada beberapa pelanggan yang menginginkan garansi. Perlu diingat, lampu bergaransi ini bisa ditukar dengan kondisi tidak pecah ataupun hitam (gosong) dan ada jangka waktu tertentu untuk tiap merk.

Selain dua macam lampu itu juga ada lampu LHE yang murah, tapi umurnya tidak dijamin lama. Hanya saja, peminat lampu ini sangat banyak. Jadi ada baiknya, kalau mulai berjualan lampu, ketiga jenis lampu ini ada.

Note:
Dimmer adalah alat kontrol untuk intensitas cahaya. Agar lampu bisa lebih redup atau lebih terang. 


0 comments: