Recent Posts

Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.

Group Alat - Saklar

Group Alat - Saklar
Saklar adalah sebuah perangkat untuk menyambung atau memutus aliran listrik.

Saklar terdiri dari 2 macam yaitu saklar tanam dan saklar tempel. Saklar tanam (inbow) adalah saklar yang ditanam dalam tembok, jadi pemasangannya adalah di dalam tembok. Jadi dipasang sebelum finishing suatu rumah, dan titik-titik pemasangan saklar tersebut sudah disiapkan pada proses pembangunan rumah tersebut. Sedangkan saklar tempel (outbow) adalah sejenis saklar yang ditempatkan di luar, biasa dipakai untuk sementara dan tidak perlu merusak tembok.

Jika kita bicara mengenai saklar, tidak akan lepas dari stop kontak. Stop kontak ini justru dibutuhkan dalam jumlah yang relatif banyak ketimbang saklar, karena sudah banyak sekali alat-alat rumah tangga sekarang yang menggunakan listrik. Stop kontak ada bermacam jenis, ada stop kontak untuk listrik, TV, telpon, kabel data dsb. Biasanya pembangunan rumah baru yang tidak ingin terlihat terlalu banyak kabel di luar, memasang segala jenis stop kontak ini sebelumnya di dalam tembok.

Ada 4 macam saklar yang laris di pasaran yaitu saklar engkel, saklar seri, stop kontak, dan sakal engkel stop. Baik itu saklar tanam (IB)  maupun tempel (OB). Untuk saklar tempel (OB) ada 2 macam yaitu OB Bulat (bentuk kuno) dan OB Segi (baru). Itu semua adalah saklar umu yang dijual di pasaran.

Ada juga variasi dari saklar-saklar tersebut, yaitu saklar tripel, saklar seri stop, saklar hotel, saklar geser dsb. Merk yang paling umum adalah merk Broco, selain merupakan pemain lama di bidang ini, varian yang disediakan cukup banyak. Versi NewGee adalah merk standart Broco. Selain itu juga ada Galleo, Plano, dsb. Selain merk Broco, ada merk Panasonic yang mengusung desain simple, dan sangat cocok digunakan di rumah dengan  desain minimalis.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India