Bisnis alat listrik? Apa itu?

Banyak orang ingin memulai usahanya sendiri. Memang kenyataannya kerja sebagai karyawan sudah tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kalaupun bisa, kemungkinan juga tidak bisa sampai berlebihan. Kondisi inilah yang menyebabkan banyak orang ingin mulai bisnis kecil-kecilan.Pertanyaan mereka yang pertama adalah usaha apa?

Bisnis keluarga saya adalah bisnis alat listrik. Banyak yang bertanya, mengapa memilih alat listrik? Saya juga tidak tahu, sejak kecil memang sudah bisnisnya itu :)  . just kidding.

Di toko saya, saya sering menemui orang-orang yang ingin memulai bisnis alat listrik. Karena memang bisnis saya adalah bisnis alat listrik yang melayani eceran maupun grosir. Ada yang ingin menambah barang dagangan yang sudah ada di toko nya dan ada juga yang benar-benar mau memulai dari nol.

Kalau melihat dari sisi lifespan (umur) barang, jelas alat listrik, memiliki keunggulan dibanding dengan produk makanan misalnya. Makanan bisa cepat rusak, basi ataupun expire. Atau produk fashion yang perkembangan mode nya sangat cepat, dan jika kita tidak mengikutinya dengan baik, kita bakal memiliki banyak “stok lama” di toko kita.
Pada dasarnya, tiap bidang bisnis ada keuntungan dan kerugian masing2. Dan yang terbaik adalah bidang yang benar-benar anda sukai.

Bisnis alat listrik sendiri sebenarnya sudah berkembang menjadi banyak kategori. Toko yang menjual alat listrik seperti saklar dsb, tentunya pasti menjual lampu. Dan jika mereka menjual lampu, mereka juga akan menjual kabel. Dan di toko-toko yang terletak di perumahan, mereka juga menjual barang-barang kebutuhan rumah tangga yang menggunakan listrik, seperti senter, raket nyamuk dsb. Jadi, kadang-kadang pelanggan baru yang datang dan melihat berbagai jenis barang yang saya jual sudah pusing dulu sebelum mulai J

Banyak pelanggan bertanya, jika saya mau membuka toko baru di bidang alat listrik, apa yang harus saya beli? Karena memang penjualan saya di toko kebanyakan penjualan partai (untuk dijual lagi), maka saya juga kadang-kadang berperan menjadi “konsultan bisnis alat listrik”.

Pelanggan yang seperti ini banyak sekali. Kebanyakan mereka adalah orang yang mencari tambahan penghasilan di depan rumah mereka. Atau berencana untuk memulai usaha kecil di toko yang baru mereka buka. Atau menambah jenis barang di toko kelontong yang sudah mereka buka. Apapun latar belakang mereka, yang mereka tanyakan adalah hal-hal yang sama, yaitu:

  1. Fungsi dari tiap2 barang dan cara penggunaan nya
  2. Barang apa yang cepat laku (fast moving) atau yang harus dibeli dahulu?
  3. Kenapa saya harus membeli apa yang akan saya beli
  4. Berapa jumlah modal yang diperlukan?

Mau tahu nama dan fungsi tiap alat listrik? Nantikan blog berikutnya...

8 comments:

PPOB said...

hemm..
boleh juga nih,.
kelihatannya prospeknya baik didepan

poturine said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Bisnis Warung said...

Memang Bisnis Alat-alat listrik masih Mejanjikan.Kalau dikelola dengan strategi yang bagus akan mendatangkan keuntungan yang lumayan.

raisuarsa said...

Sharing yg sangat bermanfaat Boss.....terima kasih

Anonymous said...

alamat tokonya dimana bos

listrikcom said...

Grosir ala-alat listrik termurah, lengkap, barang bergaransi dan berkualitas.
http://www.listrikbagus.com

Anonymous said...

Saya sudah mencoba usaha ini walaupun belum cukup lama

heni ListrikMart said...

Mau Bisnis ALAT LISTRIK?? Hubungi LISTRIKmart saja Call/SMS: 0878-3288-7779 - Pelopor#1 PAKET USAHA Alat Listrik di INDONESIA.